Imam Nasser Muhammad Al-Yamani
4 - Jumadil Akhir - 1430 H
28 - 05 - 2009 M
12:13
__________________
Pernyataan yang benar dari pemilik ilmu kitab tentang padang mahsyar..
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan salam atas para rasul, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam...
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَاِ نَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّا رِ وَاُ دْخِلَ الْجَـنَّةَ فَقَدْ فَا زَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۤ اِلَّا مَتَا عُ الْغُرُوْرِ
“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”
(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 185)
Ayat ini berbicara tentang hari kiamat dan hisab bagi orang-orang yang akan masuk surga setelah hisab, dan mereka akan diberi rezeki di dalamnya tanpa perhitungan. Adapun padang mahsyar, mereka semua dikumpulkan di padang mahsyar, penghuni neraka dan penghuni surga, dan neraka dan surga akan dibawa ke padang mahsyar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
فَاِ ذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرٰى
“Maka apabila malapetaka besar (hari Kiamat) telah datang,”(34)
يَوْمَ يَتَذَكَّرُ الْاِ نْسَا نُ مَا سَعٰى
“yaitu pada hari (ketika) manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya,”(35)
وَبُرِّزَتِ الْجَحِيْمُ لِمَنْ يَّرٰى
“dan neraka diperlihatkan dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.”
(QS. An-Nazi’at 79: Ayat 34-36)
Neraka dibawa ke padang mahsyar; neraka memiliki tujuh gerbang, dan setiap gerbang memiliki bagian yang dibagi. Demikian juga surga dibawa ke tanah yang sama yaitu mahsyar (tempat pertemuan) terbesar ia adalah seluruh alam semesta, yang di tangan-Nya ia dihancurkan dengan semua planet dan bintangnya. Allah tidak menciptakannya dengan bermain-main atau sia-sia! Dia akan menjadikannya satu tanah datar di mana Anda tidak akan melihat bengkok ataupun tidak rata. Neraka dan Surga dibawa ke sana, sehingga Surga akan berada di tempat yang tidak jauh dari Api Neraka. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِ نْسَا نَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهٖ نَفْسُهٗ ۖ وَنَحْنُ اَقْرَبُ اِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيْدِ
“Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.”(16)
اِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الْيَمِيْنِ وَعَنِ الشِّمَا لِ قَعِيْدٌ
“(lngatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.”(17)
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلَّا لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ
“Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).”(18)
وَ جَآءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِا لْحَـقِّ ۗ ذٰلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيْدُ
“Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang dahulu hendak kamu hindari.”(19)
وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ ۗ ذٰلِكَ يَوْمُ الْوَعِيْدِ
“Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang diancamkan.”(20)
وَجَآءَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّعَهَا سَآئِقٌ وَّشَهِيْدٌ
“Setiap orang akan datang bersama (malaikat) penggiring dan (malaikat) saksi.”(21)
لَقَدْ كُنْتَ فِيْ غَفْلَةٍ مِّنْ هٰذَا فَكَشَفْنَا عَنْكَ غِطَآءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيْدٌ
“Sungguh, kamu dahulu lalai tentang (peristiwa) ini, maka Kami singkapkan tutup (yang menutupi) matamu, sehingga penglihatanmu pada hari ini sangat tajam.”(22)
وَقَا لَ قَرِيْـنُهٗ هٰذَا مَا لَدَيَّ عَتِيْدٌ
“Dan (malaikat) yang menyertainya berkata, “Inilah (catatan perbuatan) yang ada padaku.””(23)
اَلْقِيَا فِيْ جَهَنَّمَ كُلَّ كَفَّا رٍ عَنِيْدٍ
“(Allah berfirman), “Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam Neraka Jahanam, semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala,”(24)
مَّنَّا عٍ لِّلْخَيْرِ مُعْتَدٍ مُّرِيْبِ
“yang sangat enggan melakukan kebajikan, melampaui batas, dan bersikap ragu-ragu,”(25)
ٱلَّذِيْ جَعَلَ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ فَاَ لْقِيٰهُ فِى الْعَذَا بِ الشَّدِيْدِ
“yang menyekutukan Allah dengan tuhan lain, maka lemparkanlah dia ke dalam azab yang keras.””(26)
قَا لَ قَرِيْنُهٗ رَبَّنَا مَاۤ اَطْغَيْتُهٗ وَلٰـكِنْ كَا نَ فِيْ ضَلٰلٍۢ بَعِيْدٍ
“(Setan) yang menyertainya berkata (pula), “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya, tetapi dia sendiri yang berada dalam kesesatan yang jauh.””(27)
قَا لَ لَا تَخْتَصِمُوْا لَدَيَّ وَقَدْ قَدَّمْتُ اِلَيْكُمْ بِا لْوَعِيْدِ
“(Allah) berfirman, “Janganlah kamu bertengkar di hadapan-Ku, dan sungguh, dahulu Aku telah memberikan ancaman kepadamu.”(28)
مَا يُبَدَّلُ الْقَوْلُ لَدَيَّ وَمَاۤ اَنَاۡ بِظَلَّا مٍ لِّلْعَبِيْدِ
“Keputusan-Ku tidak dapat diubah, dan Aku tidak menzalimi hamba-hamba-Ku.””(29)
يَوْمَ نَـقُوْلُ لِجَهَـنَّمَ هَلِ امْتَلَـئْتِ وَتَقُوْلُ هَلْ مِنْ مَّزِيْدٍ
“(lngatlah) pada hari (ketika) Kami bertanya kepada Jahanam “Apakah kamu sudah penuh?” la menjawab, “Masih adakah tambahan?””(30)
وَاُ زْلِفَتِ الْجَـنَّةُ لِلْمُتَّقِيْنَ غَيْرَ بَعِيْدٍ
“Sedangkan surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tidak jauh (dari mereka).”(31)
هٰذَا مَا تُوْعَدُوْنَ لِكُلِّ اَوَّا بٍ حَفِيْظٍ
“(Kepada mereka dikatakan), “Inilah nikmat yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang senantiasa bertobat (kepada Allah) dan memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya).”(32)
مَنْ خَشِيَ الرَّحْمٰنَ بِا لْغَيْبِ وَجَآءَ بِقَلْبٍ مُّنِيْبِ
“(Yaitu) orang yang takut kepada Allah Yang Maha Pengasih, sekalipun tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertobat,”(33)
ٱدْخُلُوْهَا بِسَلٰمٍ ۗ ذٰلِكَ يَوْمُ الْخُلُوْدِ
“masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi.””(34)
لَهُمْ مَّا يَشَآءُوْنَ فِيْهَا وَلَدَيْنَا مَزِيْدٌ
“Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki, dan pada Kami ada tambahannya.”(35)
(QS. Qaf 50: Ayat 16-35)
Surga akan berada di padang mahsyar (pertemuan), tidak jauh dari api neraka. Yaitu ia dekat dengannya (neraka), Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
يَوْمَ نَـقُوْلُ لِجَهَـنَّمَ هَلِ امْتَلَـئْتِ وَتَقُوْلُ هَلْ مِنْ مَّزِيْدٍ
“(lngatlah) pada hari (ketika) Kami bertanya kepada Jahanam “Apakah kamu sudah penuh?” la menjawab, “Masih adakah tambahan?””(30)
وَاُ زْلِفَتِ الْجَـنَّةُ لِلْمُتَّقِيْنَ غَيْرَ بَعِيْدٍ
“Sedangkan surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tidak jauh (dari mereka).”(31)
(QS. Qaf 50: Ayat 30-31)
Namun, Surga tidak berada di belakang Neraka; tetapi berdekatan satu sama lain; Mereka berseberangan, maka neraka itu di sebelah kiri dan surga di sebelah kanan, dan semua orang sholeh dan orang-orang kafir dapat melihat surga dan neraka ketika mereka berada di padang mahsyar (pertemuan). Dan setelah hisab dan penetapan kebenaran, barulah terjadi pemisahan, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّا عَةُ يَوْمَئِذٍ يَّتَفَرَّقُوْنَ
"Dan pada hari (ketika) terjadi Kiamat, pada hari itu manusia terpecah-pecah (dalam kelompok)."
(QS. Ar-Rum 30: Ayat 14)
Dan pemisahan setelah hisab, maka akan dikumpulkan penghuni Neraka dari tempat berkumpulnya, dan penghuni Neraka akan digiring ke jalan api Neraka. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
اُحْشُرُوا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا وَاَ زْوَا جَهُمْ وَمَا كَا نُوْا يَعْبُدُوْنَ
“(Diperintahkan kepada malaikat), “Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan apa yang dahulu mereka sembah,”(22)
مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ فَاهْدُوْهُمْ اِلٰى صِرَا طِ الْجَحِيْمِ
“selain Allah, lalu tunjukkanlah kepada mereka jalan ke neraka.”(23)
(QS. As-Saffat 37: Ayat 22-23)
Tetapi mereka dibagi menjadi tujuh kelompok sesuai dengan jumlah tujuh pintu gerbang Neraka. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَاِ نَّ جَهَـنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ اَجْمَعِيْنَ
"Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya,"(43)
لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَا بٍ ۗ لِكُلِّ بَا بٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ
"(Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka."(44)
(QS. Al-Hijr 15: Ayat 43-44)
Oleh karena itu, penghuni Neraka akan dikumpulkan dari padang mahsyar (pertemuan) dan dibagi menjadi tujuh kelompok, kemudian mereka akan digiring menuju tujuh pintu Neraka.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اِلٰى جَهَنَّمَ زُمَرًا ۗ حَتّٰۤى اِذَا جَآءُوْهَا فُتِحَتْ اَبْوَا بُهَا...
“Orang-orang yang kafir digiring ke Neraka Jahanam secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (neraka) pintu-pintunya dibukakan...
(QS. Az-Zumar 39: Ayat 71)
Adapun penghuni surga, setelah hisab, mereka akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah pintu surga, dan menjauh adalah menjauhkan diri dari Api Neraka dari tempat berkumpulnya yang sama, agar mereka tidak digiring ke jalan Neraka; Sebaliknya, menuju jalan taman kebahagiaan abadi. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ اِلَى الْجَـنَّةِ زُمَرًا ۗ حَتّٰۤى اِذَا جَآءُوْهَا وَفُتِحَتْ اَبْوَا بُهَا وَقَا لَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَا دْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ
"Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.""
(QS. Az-Zumar 39: Ayat 73)
Penghuni Neraka mencoba melarikan diri darinya menuju Surga, dan mereka memohon kepada orang-orang sholeh di antara penghuni Surga untuk melihat mereka dan mengutip dari cahaya mereka, tetapi para malaikat mengembalikan mereka dengan paksa, sehingga mereka akan didorong secara paksa ke dalam api Neraka, maka mereka mencari pertolongan orang-orang sholeh untuk meminjam cahaya mereka karena mereka masih musyrik mempersekutukan Tuhan mereka dengan hamba-hamba-Nya yang dekat dengan Allah, dan barang siapa yang tidak Allah jadikan cahaya baginya, maka dia tidak memiliki cahaya, tetapi barang siapa buta dalam hal ini dari kebenaran, dia di akhirat buta dan lebih tersesat dari jalan, dan karena mereka tidak mengetahui kebenaran dan kebenaran adalah Tuhan mereka, dan itulah sebabnya mereka memohon kepada hamba-hamba Allah yang sholeh dan berkata kepada mereka: {انظُرُونَا نَقْتَبِسْ مِن نُّورِكُمْ قِيلَ ارْجِعُوا وَرَاءَكُمْ فَالْتَمِسُوا نُورًا فَضُرِبَ بَيْنَهُم بِسُورٍ لَّهُ بَابٌ بَاطِنُهُ فِيهِ الرَّحْمَةُ وَظَاهِرُهُ مِن قِبَلِهِ الْعَذَابُ}
“Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu).” Lalu di antara mereka dipasang dinding (pemisah) yang berpintu. Di bagian dalam ada rahmat dan di luarnya hanya ada azab.”
(QS. Al-Hadid 57: Ayat 13)
Kemudian akan dibuat dinding pemisah di antara mereka, memisahkan Surga dan Neraka, sehingga bagian dalamnya mengarah ke Surga dan Neraka di depannya, karena Neraka dan Surga telah dibuat oleh Allah pada Hari Kebangkitan yang saling berhadapan, Neraka di kiri dan Surga di kanan, dan dinding al-A’raf di antara mereka, dan kemudian kelompok lain dikeluarkan dari tanah mahsyar (pertemuan), yang tidak diperhitungkan hisabnya, dan Allah tidak meminta mereka untuk apa pun, dan Allah tidak meminta pertanggungjawaban mereka atas apa pun, karena mereka memiliki hujjah terhadap Tuhan mereka, maka Allah menjadikan mereka di atas al-A'raf, mereka menyaksikan orang-orang di neraka dan orang-orang di surga. Tapi siapakah mereka yang ada di kelompok itu? Dan jawaban yang benar; Mereka itulah orang-orang yang mati di antara penduduk kota sebelum diutusnya Rasul Allah kepada mereka, maka mereka itu mempunyai bukti terhadap Tuhannya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman
رُسُلًا مُّبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّا سِ عَلَى اللّٰهِ حُجَّةٌۢ بَعْدَ الرُّسُلِ ۗ وَكَا نَ اللّٰهُ عَزِيْزًا حَكِيْمًا
“Rasul-rasul itu adalah sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah setelah rasul-rasul itu diutus. Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”
(QS. An-Nisa’ 4: Ayat 165)
Seperti halnya Abdullah bin Abdul Muthalib, Ayah Muhammad Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beserta keluarganya, dan semua orang yang meninggal dari kota-kota sebelum utusan Allah diutus kepada mereka, mereka tidak disiksa oleh Allah. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
{وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِيْنَ حَتّٰى نَبْعَثَ رَسُوْلًا}
“...tetapi Kami tidak akan menyiksa sebelum Kami mengutus seorang rasul.”
(QS. Al-Isra’ 17: Ayat 15)
Mereka itulah para penduduk Al-A’raf, sesungguhnya Allah tidak menjadikan mereka ahli surga dan Allah tidak menjadikan mereka ahli neraka, dan mereka menyaksikan bagaimana Allah menghisab hamba-hamba-Nya dan bagaimana Dia menjadikan keputusan secara adil antara mereka (umat) dan nabi-nabi mereka dengan Kebenaran, dan Allah bertanya kepada nabi-nabi mereka; Apakah kalian telah menyampaikan pesan? Kemudian mereka (para nabi) menjawab: Ya, dan orang-orang yang beriman kepada mereka (para nabi) bersaksi tentang penyampaian pesan mereka, dan hal itu menjadi nyata bagi mereka (penduduk a'raf) dari awal sampai akhir tentang kaum setelah mereka, dan diantara mereka (penduduk a’raf) ada yang mengenal laki-laki dari ahli neraka seperti Abi Lahab dan Al-Waleed bin Al-Mughyra dan lainnya sebelum kematiannya, seperti ayah Nabi Abdullah bin Abdul Muthalib mengenal Abu Lahab dan Al-Walid bin Al-Mughirah dan lainnya sebelum kematiannya (ayah nabi). Demikian pula, semua penduduk al-A'raf yang meninggal sebelum Rasul diutus mengenal orang-orang yang seangkatan dengan mereka, mereka meninggal sebelum Rasul Allah diutus ke kota-kota, beberapa dari mereka sebelum diutusnya Rasul Tuhannya ke kotanya sebulan atau lebih dari itu selama bertahun-tahun atau kurang, Tetapi mereka tahu bahwa orang-orang kaya yang mereka kenal, Allah mengutus utusan setelah mereka, dan mereka mengingkari Rasul Allah yang diutus Allah kepada mereka setelah kematian mereka, terutama mereka yang meninggal dari orang-orang kota sebelum Rasul diutus kepada mereka. Dan mereka (penduduk a’raf) tahu bahwa mereka kaya, maka mereka berkata kepada mereka:
وَنَا دٰۤى اَصْحٰبُ الْاَ عْرَا فِ رِجَا لًا يَّعْرِفُوْنَهُمْ بِسِيْمٰٮهُمْ قَا لُوْا مَاۤ اَغْنٰى عَنْكُمْ جَمْعُكُمْ وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَكْبِرُوْنَ
“Dan orang-orang di atas A’raf (tempat yang tertinggi) menyeru orang-orang yang mereka kenal dengan tanda-tandanya sambil berkata, “Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang kamu sombongkan, (ternyata) tidak ada manfaatnya buat kamu.”
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 48)
Itulah sebabnya mereka menyebut mereka dari atas a’raf, karena mereka mengenal mereka dari wajah mereka di dunia ini. Sebelum merinci masalah penduduk a'raf, kita kembali ke penghuni surga dan neraka setelah hisab berakhir dan hujjah kebenaran telah ditegakkan, sehingga penghuni neraka akan masuk neraka, dan penghuni surga akan masuk surga, dan penghuni surga akan menyeru penghuni neraka. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَنَا دٰۤى اَصْحٰبُ الْجَـنَّةِ اَصْحٰبَ النَّا رِ اَنْ قَدْ وَجَدْنَا مَا وَعَدَنَا رَبُّنَا حَقًّا فَهَلْ وَجَدْتُّمْ مَّا وَعَدَ رَبُّكُمْ حَقًّا ۗ قَا لُوْا نَـعَمْ ۚ فَاَ ذَّنَ مُؤَذِّنٌۢ بَيْنَهُمْ اَنْ لَّـعْنَةُ اللّٰهِ عَلَى الظّٰلِمِيْنَ
"Dan para penghuni surga menyeru penghuni-penghuni neraka, "Sungguh, kami telah memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepada kami itu benar. Apakah kamu telah memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepadamu itu benar?" Mereka menjawab, "Benar." Kemudian penyeru (malaikat) mengumumkan di antara mereka, "Laknat Allah bagi orang-orang zalim,"
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 44)
Siapakah muadzin di antara mereka? Dia adalah Abdullah bin Abdul Muthalib dan orang-orang yang bersamanya dari kalangan a'raf.
Dan sekarang kembali ke laki-laki a'raf. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
وَبَيْنَهُمَا حِجَا بٌ ۚ وَعَلَى الْاَ عْرَا فِ رِجَا لٌ يَّعْرِفُوْنَ كُلًّا بِۢسِيْمٰٮهُمْ ۚ وَنَا دَوْا اَصْحٰبَ الْجَـنَّةِ اَنْ سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ ۗ لَمْ يَدْخُلُوْهَا وَهُمْ يَطْمَعُوْنَ
"Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada tabir dan di atas A'raf (tempat yang tertinggi) ada orang-orang yang saling mengenal, masing-masing dengan tanda-tandanya. Mereka menyeru penghuni surga, "Salamun 'alaikum" (salam sejahtera bagimu). Mereka belum dapat masuk, tetapi mereka ingin segera (masuk)."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 46)
Mereka mengenal orang-orang kafir dari kalangan penghuni neraka, dan mereka juga mengenal orang-orang dari penghuni surga, maka penghuni a'raf akan melihat penghuni surga dan berkata kepada penghuni surga {Keselamatan bagimu} Tapi mereka tidak di Surga; Sebaliknya, mereka melihatnya beserta orang-orang di dalamnya dari atas dinding al-A’raf, dan mereka berharap agar Allah memasukkan mereka ke surga dengan rahmat-Nya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَبَيْنَهُمَا حِجَا بٌ ۚ وَعَلَى الْاَ عْرَا فِ رِجَا لٌ يَّعْرِفُوْنَ كُلًّا بِۢسِيْمٰٮهُمْ ۚ وَنَا دَوْا اَصْحٰبَ الْجَـنَّةِ اَنْ سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ ۗ لَمْ يَدْخُلُوْهَا وَهُمْ يَطْمَعُوْنَ
“Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada tabir dan di atas A’raf (tempat yang tertinggi) ada orang-orang yang saling mengenal, masing-masing dengan tanda-tandanya. Mereka menyeru penghuni surga, “Salamun ‘alaikum” (salam sejahtera bagimu). Mereka belum dapat masuk, tetapi mereka ingin segera (masuk).”
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 46)
Kemudian mereka melihat orang-orang Neraka dan menyapa mereka dan berkata kepada mereka: Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
{ اَهٰۤؤُلَآ ءِ الَّذِيْنَ اَقْسَمْتُمْ لَا يَنَا لُهُمُ اللّٰهُ بِرَحْمَةٍ }
“Itukah orang-orang yang kamu telah bersumpah, bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?”
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 49)
Mereka yang dimaksud adalah; Para penghuni surga, kemudian mereka (penduduk a'raf) menunjuk kepada mereka (penghuni surga) ketika mereka berbicara kepada para penghuni neraka dan berkata kepada mereka: “Wahai para penghuni neraka, itukah orang-orang yang kamu telah bersumpah, bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?” Dan kemudian Allah menjawab doa penduduk a'raf ketika mereka menyebutkan rahmat-Nya, orang-orang a'raf itu berdoa kepada Allah setelah Dia mengumpulkan mereka di atas al-A’raf dan berkata: Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَاِ ذَا صُرِفَتْ اَبْصَا رُهُمْ تِلْقَآءَ اَصْحٰبِ النَّا رِ ۙ قَا لُوْا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ
“Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang zalim itu.””
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 47)
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَنَا دٰۤى اَصْحٰبُ الْاَ عْرَا فِ رِجَا لًا يَّعْرِفُوْنَهُمْ بِسِيْمٰٮهُمْ قَا لُوْا مَاۤ اَغْنٰى عَنْكُمْ جَمْعُكُمْ وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَكْبِرُوْنَ
“Dan orang-orang di atas A’raf (tempat yang tertinggi) menyeru orang-orang yang mereka kenal dengan tanda-tandanya sambil berkata, “Harta yang kamu kumpulkan dan apa yang kamu sombongkan, (ternyata) tidak ada manfaatnya buat kamu.”(48)
اَهٰۤؤُلَآ ءِ الَّذِيْنَ اَقْسَمْتُمْ لَا يَنَا لُهُمُ اللّٰهُ بِرَحْمَةٍ ۗ اُدْخُلُوا الْجَـنَّةَ لَا خَوْفٌ عَلَيْكُمْ وَلَاۤ اَنْتُمْ تَحْزَنُوْنَ
“Itukah orang-orang yang kamu telah bersumpah, bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?” (Allah berfirman), “Masuklah kamu ke dalam surga! Tidak ada rasa takut padamu dan kamu tidak pula akan bersedih hati.””
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 48-49)
Siapa yang mengatakan kepada orang-orang a’raf: {“Masuklah kamu ke dalam surga! Tidak ada rasa takut padamu dan kamu tidak pula akan bersedih hati.”}? Dialah yang memanggilnya setelah Dia mengumpulkan mereka di atas al-A’raf dan mereka melihat api Neraka dan orang-orang kafir berteriak di dalamnya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَاِ ذَا صُرِفَتْ اَبْصَا رُهُمْ تِلْقَآءَ اَصْحٰبِ النَّا رِ ۙ قَا لُوْا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ
“Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang zalim itu.””
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 47)
Maka lihatlah jawaban Allah atas doa mereka ketika mereka menyebut rahmat-Nya karena mereka membenci orang-orang kafir dan berkata kepada mereka: Apakah mereka ini - kemudian mereka merujuk kepada penghuni surga - yang kamu bersumpah, wahai penghuni neraka, bahwa Allah tidak akan memberikan kepada mereka dengan rahmat-Nya? Dan kemudian datanglah jawaban Allah atas doa orang-orang a’raf ketika mereka mengakui dan percaya pada rahmat Allah dan berkata:
اَهٰۤؤُلَآ ءِ الَّذِيْنَ اَقْسَمْتُمْ لَا يَنَا لُهُمُ اللّٰهُ بِرَحْمَةٍ
“Itukah orang-orang yang kamu telah bersumpah, bahwa mereka tidak akan mendapat rahmat Allah?” Dan itu karena mereka berdoa kepada Tuhan mereka dan memohon rahmat-Nya ketika mereka melihat penghuni neraka berteriak di dalam api neraka. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَاِ ذَا صُرِفَتْ اَبْصَا رُهُمْ تِلْقَآءَ اَصْحٰبِ النَّا رِ ۙ قَا لُوْا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ
“Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang zalim itu.””
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 47)
Maka lihatlah jawaban Allah atas doa mereka, dan Dia berkata kepada mereka
{ادْخُلُوا الْجَنَّةَ لَا خَوْفٌ عَلَيْكُمْ وَلَا أَنتُمْ تَحْزَنُونَ} صدق الله العظيم.
{“Masuklah kamu ke dalam surga! Tidak ada rasa takut padamu dan kamu tidak pula akan bersedih hati.”}
Wahai umat Islam, bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kalian tidak memiliki pelindung atau pemberi syafaat selain Allah, dan mintalah rahmat-Nya kepada Allah, dan siapakah yang lebih penyayang kepadamu daripada Allah sampai kamu berpaling kepada-Nya tanpa Allah! Apakah kamu tidak tahu? Tidakkah kamu perhatikan bahwa Allah mengabulkan doa penduduk a’raf, dan menjanjikan kebenaran kepadanya, dan Dia Maha Penyayang di antara yang penyayang?
Wahai orang-orang yang menunggu Muhammad Rasulullah -semoga Allah swt beserta keluarganya- untuk memberi syafaat bagi mereka di hadapan Allah, inilah ayahnya dengan orang-orang a'raf dan Muhammad Rasulullah – semoga Allah swt dan keluarganya – tidak memberi syafaat untuknya, dia tidak meminta putranya untuk menjadi syafaat baginya di hadapan Tuhannya. Sebaliknya, dia berdoa kepada Tuhannya dengan orang-orang a’raf, dan mereka berkata: Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَاِ ذَا صُرِفَتْ اَبْصَا رُهُمْ تِلْقَآءَ اَصْحٰبِ النَّا رِ ۙ قَا لُوْا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ
“Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang zalim itu.””
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 47)
Ya Allah, Aku telah menyampaikan, ya Allah, bersaksilah.. Adapun orang-orang yang beriman, ketika saya mengingatkan mereka tentang ayat-ayat Tuhan mereka dan menjelaskannya kepada mereka, dan mereka meningkatkan iman mereka, maka kulit mereka menjadi lembut, dan kemudian hati mereka akan direndahkan, dan mata mereka akan meneteskan air mata karena apa yang mereka ketahui tentang kebenaran. Adapun orang buta, demi Allah, jika Anda memperingatkan dia tentang semua ayat-ayat Kitab dan menjelaskannya secara rinci, dia akan melemparkan semuanya ke belakang, tidak peduli seberapa jelas dan terangnya bayan keterangan yang benar itu, disebabkan fitnah karena dia mengetahui sebuah hadits atau riwayat yang bertentangan dengan ayat-ayat yang jelas ini, dan dia lebih suka berpegang pada hadits yang bertentangan itu dan berkata: “Tidak ada yang tahu tafsir Al-Qur’an selain Allah, dan cukup bagi kami bahwa kami menemukan para pendahulu yang saleh, jadi apakah Anda lebih berpengetahuan, Nasser Muhammad al-Yamani, atau mereka?” Dan kemudian saya menjawabnya dan berkata: Tetapi saya berdebat dengan Anda melalui ayat-ayat yang muhkam dan jelas yang merupakan ummul kitab itu. Tidak ada yang menyimpang dari apa yang disebutkan tentang mereka kecuali orang-orang yang di dalam hatinya ada penyimpangan dari kebenaran, dia mengikuti fitnah yang dibuat oleh hadits dan riwayat fitnah yang bertentangan dengan ayat-ayat muhkamat dari Kitab dan hisab mereka adalah neraka jahanam dan siapa pun yang mengikutinya memiliki nasib yang lebih buruk.
Tapi aku bersumpah demi Allah jika ayat itu datang sesuai dengan hadits yang dia pegang, dia akan menyukainya dan dia berpegang teguh padanya dan meneriakkannya sebagai bukti hadits, tetapi jika itu bertentangan dengan hadits yang dia pegang, maka dia akan memperburuknya dan berkata: “Hanya Tuhan yang tahu tafsirannya” Meskipun itu adalah ayat muhkamat dari Kitab, hukumnya berasal dari Induk Kitab (ummul kitab), dan bukan dari ayat mutasyabihat. Demi Allah, tidak seorang pun ulama atau orang awam akan melihat pernyataan Nasser Muhammad al-Yamani melainkan kebenaran akan menjadi jelas baginya. Namun malapetakanya adalah meskipun akal sehatnya menerimanya, banyak yang tidak yakin akan ayat-ayat Tuhannya meskipun sangat jelas.
Wahai umatku, pemilik bahasa Arab yang jelas, bahwa Al-Qur’an adalah bahasa Arab, diturunkan oleh Allah dalam bahasa Arab yang jelas untuk menjelaskan kepada kalian apa yang kalian takuti. Dan Allah SWT berfirman:
وَمَاۤ اَرْسَلْنَا مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا بِلِسَا نِ قَوْمِهٖ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ ۗ فَيُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَآءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَآءُ ۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, agar dia dapat memberi penjelasan kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dia Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”
(QS. Ibrahim 14: Ayat 4)
Seperti halnya Al-Qur’an yang Agung, mengapa kalian tidak memahami hikmahnya? Itu bukan bahasa orang asing; Sebaliknya, itu adalah bahasa Arab yang jelas, dan Allah SWT berfirman:
وَلَـقَدْ نَـعْلَمُ اَنَّهُمْ يَقُوْلُوْنَ اِنَّمَا يُعَلِّمُهٗ بَشَرٌ ۗ لِسَا نُ الَّذِيْ يُلْحِدُوْنَ اِلَيْهِ اَعْجَمِيٌّ وَّهٰذَا لِسَا نٌ عَرَبِيٌّ مُّبِيْنٌ
“Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata, “Sesungguhnya Al-Qur’an itu hanya diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad).” Bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad belajar) kepadanya adalah bahasa ‘Ajam, padahal ini (Al-Qur’an) adalah dalam bahasa Arab yang jelas.”
(QS. An-Nahl 16: Ayat 103)
Tetapi kalian menjadikannya asing, jadi kalian berpaling darinya dan berkata palsu dan memfitnah Allah bahwa hanya Allah yang tahu penafsiran Al-Qur’an. Dan Allah tidak mengatakan itu, dan kalian membuat kebohongan terhadap Allah, dan kalian tahu bahwa Dia tidak mengatakan itu; Sebaliknya, Dia mengatakan kepada kalian bahwa ada ayat-ayat yang muhkammat dan penjelasan darinya yang merupakan ummul Kitab. Orang-orang yang berpengetahuan dan orang-orang awam mengerti dan memahaminya, semua orang dengan bahasa Arab yang jelas. Dan inilah ayat-ayat Kitab yang paling banyak dengan persentase sembilan puluh persen, dan yang lainnya mutasyabihat, hanya sedikit, dan hanya sekitar sepuluh persen atau kurang dari sepuluh persen. Ayat-ayat ini mutasyabihat, hanya Allah yang tahu tafsirannya, dan jumlahnya sedikit. Tetapi kalian telah membuat seluruh Al-Qur’an hanya Allah yang tahu tafsirannya, tetapi Imam Mahdi yang sejati dari Tuhanmu tidak membantahmu kecuali dengan ayat-ayat yang muhkam dan bayan keterangan yang mengajari mereka sehingga memahaminya setiap orang yang merenungkan apa yang telah dibawa kepada mereka dari Tuhannya tidak akan menyimpang dari apa yang telah datang kepada mereka, kecuali orang yang di dalam hatinya ada kesesatan dari kebenaran yang nyata. Wahai kaum Anshar, jadilah termasuk orang-orang yang yakin, dan janganlah kalian termasuk orang-orang yang tidak yakin akan ayat-ayat Tuhan mereka, kemudian dalam keadaan tidak yakin sampai setelah firman datang kepada mereka dan keluarnya ad-Dabbah. Demikian juga, Allah SWT berfirman sesungguhnya kalian tidak mendustakan orang yang berdebat dengan kalian tentang ayat-ayat Tuhan kalian, dan kalian tidak percaya, dan alasannya adalah kalian tidak yakin terhadap ayat-ayat Allah yang dia berdebat dengan kalian dalam Kitab. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَاِ نَّهٗ لَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ
“Dan sungguh, (Al-Qur’an) itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(77)
اِنَّ رَبَّكَ يَقْضِيْ بَيْنَهُمْ بِحُكْمِهٖ ۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْعَلِيْمُ
“Sungguh, Tuhanmu akan menyelesaikan (perkara) di antara mereka dengan hukum-Nya, dan Dia Maha Perkasa, Maha Mengetahui.”(78)
فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّكَ عَلَى الْحَـقِّ الْمُبِيْنِ
“Maka bertawakallah kepada Allah, sungguh engkau (Muhammad) berada di atas kebenaran yang nyata.”(79)
اِنَّكَ لَا تُسْمِعُ الْمَوْتٰى وَلَا تُسْمِعُ الصُّمَّ الدُّعَآءَ اِذَا وَلَّوْا مُدْبِرِيْنَ
"Sungguh, engkau tidak dapat menjadikan orang yang mati dapat mendengar dan (tidak pula) menjadikan orang yang tuli dapat mendengar seruan, apabila mereka telah berpaling ke belakang."(80)
وَمَاۤ اَنْتَ بِهٰدِى الْعُمْيِ عَنْ ضَلٰلَتِهِمْ ۗ اِنْ تُسْمِعُ اِلَّا مَنْ يُّؤْمِنُ بِاٰ يٰتِنَا فَهُمْ مُّسْلِمُوْنَ
"Dan engkau tidak akan dapat memberi petunjuk orang buta dari kesesatannya. Engkau tidak dapat menjadikan (seorang pun) mendengar, kecuali orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami, lalu mereka berserah diri."(81)
وَ اِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ اَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآ بَّةً مِّنَ الْاَ رْضِ تُكَلِّمُهُمْ ۙ اَنَّ النَّا سَ كَا نُوْا بِاٰ يٰتِنَا لَا يُوْقِنُوْنَ
“Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan makhluk bergerak yang bernyawa dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”
(QS. An-Naml 27: Ayat 77-82)
Salam kepada para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam
Saudara kalian Al-Imam Nasser Muhammad Al-Yamani
_____________
https://albushra-islamia.net./showthread.php?p=4272#post_4272